Persyaratan
Persyaratan :
- Hanya diperuntukan untuk siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang LULUS pada tahun 2019, 2020 dan 2021.
- Bagi lulusan tahun 2021 yang belum memiliki Ijazah, menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto yang bersangkutan dan dicap.
- Menunjukkan surat rekomendasi dari sekolah asal (akan diunggah melalui laman: https://smjp.untidar.ac.id).
- Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di Universitas Tidar. Khusus untuk kelompok program studi Saintek tidak buta warna.
Tata Cara Pendaftaran
- Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran pada laman: https://smart.untidar.ac.id
- Peserta mencetak kartu pembayaran.
- Peserta membayar biaya pendaftaran pada Bank Jateng atau BTN non Syariah.
- Setelah mendapatkan Nomor PIN pendaftaran dan melakukan pembayaran, peserta login pada laman https://smart.untidar.ac.id dan mengisi data pendaftar.
- Calon peserta harus menyiapkan file foto/scan :
- Kartu identitas (KTP/SIM) yang berlaku;
- Nilai rapor semester 1 s.d. 5 untuk lulusan Tahun 2021 dan nilai rapor semester 1 s.d. 6 untuk lulusan Tahun 2019 serta 2020;
- Ijazah/tanda lulus atau Surat Keterangan Lulus (SKL);
- Piagam/penghargaan;
- Pasfoto resmi (terbaru) berwarna;
- Data pendaftaran diisi oleh peserta pada laman https://smart.untidar.ac.id dengan langkah sebagai berikut:
- Peserta mengisi biodata pribadi, nilai rapor tiap semester, dan program studi. Semua informasi yang diisikan dalam borang/formulir ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang/formulir ini berakibat pembatalan penerimaan peserta.
- Peserta mengunggah file scan nilai rapor tiap semester, dan menginput kolom nilai sesuai dengan kolom isian yang disediakan.
- Peserta mengunggah file scan piagam penghargaan/sertifikat prestasi yang pernah diraih.
- Peserta menginput nilai sesuai dengan borang yang sudah disediakan.
- Pada kartu tanda peserta seleksi tercantum nomor pendaftaran, nama peserta dan program studi yang dipilih.
- Peserta menyimpan file kartu tanda peserta seleksi dan dicetak sebanyak 1 lembar.
- Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika peserta dinyatakan lulus dan registrasi ulang.
Biaya Pendaftaran Seleksi
Biaya Pendaftaran Seleksi
- Biaya pendaftaran ditetapkan sebesar Rp.250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
- Uang yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun
Pilihan Program Studi
Setiap peserta hanya dapat memilih 1 (satu) program studi, sesuai ketentuan berikut :
TABEL PILIHAN PROGRAM STUDI | |||
NO | PROGRAM STUDI | KELOMPOK SAINTEK | KELOMPOK SOSHUM |
1 | S1 Ekonomi Pembangunan | √ | √ |
2 | S1 Manajemen | √ | √ |
3 | S1 Akuntansi | √ | √ |
4 | S1 Ilmu Administrasi Negara | √ | √ |
5 | S1 Ilmu Komunikasi | √ | √ |
6 | S1 Hukum | √ | √ |
7 | S1 Agroteknologi | √ | |
8 | S1 Peternakan | √ | |
9 | S1 Akuakultur | √ | |
10 | S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | √ | √ |
11 | S1 Pendidikan Bahasa Inggris | √ | √ |
12 | S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam | √ | |
13 | S1 Pendidikan Biologi | √ | |
14 | S1 Pendidikan Matematika | √ | |
15 | S1 Teknik Elektro | √ | |
16 | S1 Teknik Mesin | √ | |
17 | S1 Teknik Sipil | √ |
Jadwal
Jadwal :
- Pendaftaran dan Pembayaran : 7 – 16 Juni 2021
- Penginputan Data Pendaftar : 7 – 20 Juni 2021
- Pengumuman : 8 Juli 2021
- Registrasi Online : 9 – 12 Juli 2021
- Registrasi (Daftar Ulang) : 13 – 14 Juli 2021
Biaya Studi Mahasiswa SMJP
Komponen biaya studi meliputi Uang Kuliah Tunggal (UKT) kelompok VII dan kelompok VIII tergantung prestasinya