Latar Belakang

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Universitas Tidar (SMJP-UNTIDAR) merupakan penerimaan mahasiswa baru secara mandiri yang dilakukan oleh Universitas Tidar pada program pendidikan Sarjana dan Diploma melalui jalur prestasi berdasarkan pada nilai rapor siswa SMA/SMK/MA/MAK mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) untuk lulusan Tahun 2021.

Bagi lulusan Tahun 2019 dan Tahun 2020 nilai rapor siswa dihitung mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 6 (enam).

Seleksi ini mempertimbangkan :

  1. Nilai akreditasi sekolah
  2. Prestasi akademik
  3. Prestasi non akademik tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional, dan Internasional

Prestasi non akademik yang diraih seperti : bidang seni, olahraga, dan hafiz Al-Quran.

Seleksi ini dilaksanakan dalam rangka menjaring calon mahasiswa yang berkualitas, berkompeten dilihat dari penelusuran minat dan kemampuan siswa.

Pendaftaran dilakukan secara online pada laman https://smart.untidar.ac.id/

Persyaratan

Persyaratan :

  1. Hanya diperuntukan untuk siswa SMA/SMK/MA atau sederajat pada tahun 2019, 2020 dan 2021.
  2. Bagi lulusan tahun 2021 yang belum memiliki Ijazah, menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto yang bersangkutan dan dicap.
  3. Menunjukkan surat rekomendasi dari sekolah asal (akan diunggah melalui laman: https://smart.untidar.ac.id).
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di Universitas Tidar. Khusus untuk kelompok program studi Saintek tidak buta warna.
Jadwal

Jadwal :

  • Pendaftaran dan Pembayaran : 7 – 21 Juni 2021
  • Pengumuman Hasil Seleksi : 28 Juni 2021
  • Registrasi Online : 30 Juni – 7 Juli 2021
Tata Cara Pendaftaran
  1. Pendaftaran dilakukan secara online dengan pengisian formulir pendaftaran pada laman: https://smart.untidar.ac.id
  2. Peserta mencetak kartu pembayaran.
  3. Peserta membayar biaya pendaftaran pada Bank Jateng atau BTN non Syariah. Panduan pembayaran KLIK DISINI gunakan kode pembayaran sebagai ganti NIM/No Pendaftaran.
  4. Peserta login pada laman https://smart.untidar.ac.id/ dan mengisi data pendaftar. 
  5. Calon peserta harus menyiapkan file foto/scan :
  • Kartu identitas (KTP/SIM) yang berlaku;
  • Nilai rapor semester 1 s.d. 5 untuk lulusan Tahun 2021 dan nilai rapor semester 1 s.d. 6 untuk lulusan Tahun 2019 serta 2020;
  • Ijazah/tanda lulus atau Surat Keterangan Lulus (SKL);
  • Piagam/penghargaan;
  • Pasfoto resmi (terbaru) berwarna;
  • Langkah pengisian pada laman https://smart.untidar.ac.id sebagai berikut:
    • Peserta mengisi biodata pribadi, nilai rapor tiap semester, dan program studi. Semua informasi yang diisikan dalam borang/formulir ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang/formulir ini berakibat pembatalan penerimaan peserta.
    • Peserta mengunggah file scan nilai rapor tiap semester, dan menginput kolom nilai sesuai dengan kolom isian yang disediakan.
    • Peserta mengunggah file scan piagam penghargaan/sertifikat prestasi yang pernah diraih.
    • Peserta menginput nilai sesuai dengan borang yang sudah disediakan.
    • Pada kartu tanda peserta seleksi tercantum nomor pendaftaran, nama peserta dan program studi yang dipilih.
    • Peserta menyimpan file kartu tanda peserta seleksi dan dicetak sebanyak 1 lembar.
    • Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika peserta dinyatakan lulus dan registrasi ulang.
Biaya Pendaftaran Seleksi

Biaya Pendaftaran Seleksi

  1. Biaya pendaftaran ditetapkan sebesar Rp.250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Uang yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
Pilihan Program Studi

Setiap peserta hanya dapat memilih 1 (satu) program studi, sesuai ketentuan berikut :

TABEL PILIHAN PROGRAM STUDI
NO PROGRAM STUDI KELOMPOK SAINTEK KELOMPOK SOSHUM
1 S1 Ekonomi Pembangunan
2 S1 Manajemen
3 S1 Akuntansi
4 S1 Ilmu Administrasi Negara
5 S1 Ilmu Komunikasi
6 S1 Hukum
7 S1 Agroteknologi
8 S1 Peternakan
9 S1 Akuakultur
10 S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
11 S1 Pendidikan Bahasa Inggris
12 S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
13 S1 Pendidikan Biologi
14 S1 Pendidikan Matematika
15 S1 Teknik Elektro
16 S1 Teknik Mesin
17 S1 Teknik Sipil
Penilaian Seleksi SMJP-UNTIDAR

Penilaian SMJP-UNTIDAR Program Sarjana dan Diploma sebagai berikut :

  1. Sistem penilaian dengan nilai kumulatif rata-rata dari nilai rapor semester 1-5 untuk lulusan Tahun 2021 dan nilai rapor semester 1-6 untuk lulusan Tahun 2019 serta 2020.
  2. Akreditasi sekolah mendapatkan tambahan poin
  3. Penilaian tambahan poin dari piagam kejuaraan berjenjang sesuai kriteria :
Tingkat Kejuaraan Poin Juara ke-
I II III
Kabupaten 5 3 1
Provinsi 10 8 6
Nasional 15 13 11
Internasional Diterima

4. Piagam hafiz Al-Quran 30 Juz : diterima

5. Keabsahan data yang diunggah akan diverifikasi oleh tim verifikator/panitia.

Pengumuman SMJP

Hasil seleksi akan diumumkan tanggal 28 Juni 2021 pada laman https://smart.untidar.ac.id/ dan https://untidar.ac.id/ yang dapat diakses mulai pukul 17.00 Wib. Keputusan panitia/tim seleksi tidak dapat diganggu gugat dan bersifat final.

Biaya Studi Mahasiswa SMJP

Komponen biaya studi meliputi Uang Kuliah Tunggal (UKT) kelompok VII dan kelompok VIII tergantung prestasinya.

Besaran UKT dapat diakses KLIK DISINI

Registrasi

Bagi peserta SMJP-UNTIDAR Program Sarjana dan Diploma yang sudah dinyatakan lulus, selanjutnya diwajibkan untuk melakukan registrasi.

Peserta yang tidak melakukan registrasi dinyatakan gugur.

Alur dan tata cara registrasi akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman hasil lolos seleksi. Peserta yang lolos seleksi melakukan registrasi di laman https://smart.untidar.ac.id/ dengan mengisi dan mengunggah borang sosial ekonomi sebagai berikut :

  1. Fotokopi KTP orang tua dan calon mahasiswa yang dilegalisir oleh kepala desa/kelurahan setempat.
  2. Surat keterangan domisili yang ditandatangani oleh kepala desa/kelurahan setempat (jika alamat domisili berbeda dengan alamat di KTP). (form ada di laman https://smart.untidar.ac.id/)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga yang dilegalisir oleh kepala desa/kelurahan setempat.
  4. Surat pernyataan kebenaran isian Data Pokok Borang Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ditandatangani oleh Ketua RT setempat. (form ada di laman https://smart.untidar.ac.id/)
  5. SPT Tahunan orang tua/wali (jika ada).
  6. Surat pernyataan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dalam bentuk/alasan apapun, bermaterai Rp 10.000,- (form ada di laman https://smart.untidar.ac.id/).
  7. Surat pernyataan setuju/tidak keberatan atas tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah ditetapkan, bermaterai Rp 10.000,- (form ada di laman https://smart.untidar.ac.id/).
  8. Surat pernyataan kesanggupan patuh terhadap peraturan yang ada di Universitas Tidar dan bebas narkoba, bermaterai Rp 10.000,- (form ada di laman https://smart.untidar.ac.id/)
  9. Surat keterangan penghasilan orang tua atau wali bermaterai Rp 10.000,- (untuk PNS/pegawai swasta ditandatangani oleh kepala/pimpinan instansi/perusahaan dan bagi wiraswasta/tenaga harian lepas ditandatangani oleh kepala desa/kelurahan. (form ada di laman https://smart.untidar.ac.id/ )
  10. Foto rumah tampak depan, ruang tamu, kamar mandi, ruang makan (format jpg/jpeg, dalam 1 file, maksimal 1 Mb).
  11. Fotokopi Ijazah SMA/SMK/MA/MAK/Kejar Paket C atau yang sederajat, atau Surat Keterangan Tanda Lulus/SKTL (bagi yang belum mempunyai ijazah) yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah atau pejabat yang berwenang.

*link form akan muncul setelah anda login ke akun anda masing-masing.